Upaya Teraman untuk Mengatasi Penyebab Bayi Gumoh

Penyebab bayi gumoh pada dasarnya terjadi karena kondisi medis atau kondisi pencernaan bayi yang belum sempurna. Seiring pertumbuhan dan perkembangannya masalah gumoh ini akan menghilang dengan sendirinya. Dimulai sejak bayi Anda berusia di atas satu tahun. Berikut upaya yang aman dilakukan untuk mengatasi gumoh yang terjadi pada bayi.

Upaya Teraman untuk Mengatasi Penyebab Bayi Gumoh

1.      Menggendong Bayi
Upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi gumoh adalah dengan menggendong bayi. Posisi kepala bayi saat digendong dengan menyandarkannya di bahu Anda. Posisikan badan bayi tegak, kemudian tepuk atau usap bagian punggungnya dengan lembut.

Upaya ini akan membuat bayi mengeluarkan sendawa. Biasanya sendawa yang terjadi akan mengeluarkan sedikit sisa susu yang diminum. Ketika sudah mengeluarkan sendawanya, Anda bisa kembali menidurkan bayi secara perlahan.

2.      Mendudukkan Bayi
Upaya berikutnya yang dapat dilakukan dengan mendudukkan bayi dalam posisi yang tegak. Upaya ini dapat dilakukan pada bayi yang telah berusia di atas 6 bulan atau saat bayi sudah pandai duduk. Ketika Anda mendudukkan bayi, sangga bagian perutnya dengan tangan. Setelah itu usap bagian punggungnya secara perlahan.

Upaya ini akan membuat kondisi lambung bayi tertahan dan mengeluarkan sendawa. Upaya ini dapat dilakukan dengan mudah untuk mengatasi penyebab bayi gumoh. Anda bisa melakukannya dengan aman tanpa membuat bayi menjadi rewel.

3.      Meletakkan Bayi
Upaya yang juga dapat Anda lakukan untuk mengatasi gumoh pada bayi dengan meletakkannya ke pangkuan. Posisi bayi diletakkan secara tengkurap ke pangkuan Anda. Tahan bagian kepala bayi dengan tangan, lalu tangan satunya lagi digunakan untuk menepuk dengan lembut bagian punggung bayi.

4.      Tidurkan Bayi
Setelah Anda melakukan salah satu upaya di atas, maka tidurkan bayi dengan posisi telentang. Bayi yang tidur dengan posisi telentang akan membuat bagian kepalanya lebih tinggi dari badan dan kaki dengan menggunakan bantal. Upaya ini dapat mencegah terjadinya gumoh yang berkelanjutan pada bayi.

5.      Mengubah Makanan Bayi
Upaya berikutnya yang dapat dilakukan untuk bisa mengatasi terjadinya gumoh pada bayi dengan mengubah makanannya. Anda perlu melakukan perubahan tekstur makanan yang diberikan. Caranya dengan menyesuaikan kekentalan makanan bayi dengan kemampuan pencernaannya.

Anda perlu membuat makanan dengan tekstur yang encer saat bayi baru pertama kali diberikan makanan tambahan. Jangan langsung memberikan makanan dengan tekstur yang kasar di tahap pertama pemberian makanan pendamping ASI. Anda dapat pula mengatasinya dengan mengurangi pemberian susu formula untuk mengurangi terjadinya gumoh.

Penyebab bayi gumoh perlu Anda ketahui agar bisa melakukan antisipasi. Cara di atas bisa diterapkan ketika bayi mengalami gumoh atau sebelum mengalami gumoh. Anda bisa melakukannya secara mudah dan aman tanpa memberikan risiko buruk pada bayi. Jika masalah gumoh pada bayi menunjukkan tanda-tanda yang tidak biasa, segera bawa ke dokter yang ahli.
0 Komentar untuk "Upaya Teraman untuk Mengatasi Penyebab Bayi Gumoh"

Back To Top