Waspadai Mata Kering pada Anak Karena Gadget, Gunakan Insto Dry Eyes

Membiarkan anak bermain gadget tanpa pembatasan waktu dapat menyebabkan berbagai masalah pada mata, salah satunya mata yang menjadi kering. Gejala seperti mata perih, gatal dan berair dapat muncul akibat terlalu lama bermain gadget. Guna menghindari hal tersebut sebaiknya pahami penyebab dan cara mengatasi masalah mata yang kering berikut ini.

Waspadai Mata Kering pada Anak Karena Gadget, Gunakan Insto Dry Eyes

Penyebab Mata Menjadi Kering saat Bermain Gadget
Mata yang menjadi kering disebabkan oleh mata yang tidak mendapatkan lubrikasi yang baik dan kehilangan kelembapan. Kondisi ini dikenal dengan Sindrom mata kering atau keratoconjunctivitis sicca. Lubrikasi dan menjaga kelembapan merupakan tugas dari air mata. berbagai kondisi seperti bermain gadget dapat mengganggu kinerja air mata.

Air mata merupakan cairan yang mengandung berbagai bahan seperti air, minyak, lendir dan antibodi yang berguna untuk mendukung fungsi penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Bermain Gadget memaksa kita untuk fokus dan menyebabkan reflek berkedip menurun. Berkedip merupakan cara mata melubrikasi dan merangsang keluarnya air mata.

Normalnya orang akan berkedip sekitar 15 kali per-menit, namun ketika melakukan aktivitas yang membutuhkan fokus visual tinggi seperti bermain gadget reflek berkedip akan menurun hingga 3 kali lipat atau sekitar 5 kali per-menit. Kondisi seperti ini dapat membuat lubrikasi tidak berjalan dengan baik dan air mata tidak terangsang untuk keluar.

Reflek berkedip yang menurun juga menyebabkan mata terbuka lebih lama sehingga menyebabkan penguapan air mata berlebihan. Air mata yang tidak keluar dengan baik dan penguapan yang berlebihan membuat mata sepet dan menjadi kering. Selain itu sinar biru dari layar gadget juga berpotensi menyebabkan gangguan penglihatan pada anak.

Ketika bermain gadget anak akan lupa berbagai hal termasuk makan dan minum. Hal ini juga bisa memicu masalah mata yang menjadi kering. Pasalnya produksi air mata membutuhkan berbagai bahan seperti asam lemak omega-3, vitamin A, protein dan air, dimana zat-zat tersebut berasal dari asupan makanan dan minuman.

Ketika tubuh kekurangan bahan pembuat air mata maka kualitas air mata yang dihasilkan kurang baik. Akibatnya fungsi lubrikasi dan menjaga kelembapan air mata kurang optimal. Jika kondisi ini terjadi terus-menerus bukan tidak mungkin akan menyebabkan masalah lain yang lebih serius dikemudian hari.

Gejala Mata yang Kering
Ketika mata tidak terlubrikasi dengan baik dan kelembapannya menurun akan muncul berbagai gejala seperti mata lelah, sensasi panas dan terasa terbakar, perih, gatal, mudah silau, pandangan kabur, mata menjadi merah, terasa seperti ada yang mengganjal pada mata, mengeluarkan air mata berlebihan dan rasa seperti berpasir pada mata.

Cara Mengatasi Masalah Mata yang Kering
Cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah mata yang kering adalah dengan menghentikan kebiasaan anak bermain gadget dalam waktu lama. Anda bisa menghentikan kebiasaan tersebut dengan membatasi durasi bermain gadget anak Anda atau memberikan mainan dan kegiatan lain untuk mengalihkan perhatian.

Jika masalah mata yang kering sudah terjadi Anda bisa menggunakan Insto Dry Eyes yang diformulasikan khusus untuk masalah mata yang kering. Kandungan Insto Dry Eyes yang sangat mirip dengan air mata sehingga aman digunakan untuk anak. Jangan lupa untuk membaca aturan pakai sebelum digunakan.

Jangan anggap sepele masalah mata yang kering. Mata yang kering dapat berpotensi menyebabkan gesekan dan luka pada kornea mata yang berujung pada peradangan atau konjungtivitis. Selain itu mata yang terbuka lebih lama juga bisa menyebabkan kotoran dan bakteri mudah masuk kedalam mata dan berpotensi menyebabkan infeksi.

Penggunaan gadget berlebihan dan tanpa pengawasan pada anak memang memiliki banyak efek negatif. Jika anak mengeluh mata pegel dan perih segera hentikan bermain gadget dan gunakan Insto Dry Eyes. Jika masalah berlanjut sebaiknya konsultasikan ke dokter mata.
0 Komentar untuk "Waspadai Mata Kering pada Anak Karena Gadget, Gunakan Insto Dry Eyes"

Back To Top